Posted by: bachtiar hakim | March 13, 2008

Download Berita Televisi dari Situs Metro TV


Waduh… susahnya cari video berita televisi dari internet yang paling aktual (apalagi nyarinya di warnet). Kebetulan saya ada tugas merekam acara berita TV. Sialnya, karena saya gak punya tv tuner, saya pun tergantung stok dari internet. Malangnya di situs http://www.youtube.com jarang sekali ada stok video program berita televisi. Kalaupun ada isinya sudah tidak aktual lagi.

Tadinya saya berharap mendapatkannya di Liputan 6.com. Walaupun muncul banyak stok video berita, situs liputan 6 (www.liputan6.com) hanya bisa menayangkan saja. Dulu sempat bisa, namun sekarang sudah dirubah oleh admin-nya. Celakanya, Saya belum bisa menemukan cara download-nya (saya di warnet dengan program downloader terbatas). Padahal, Saya sudah mencari “cara download” di google dengan berbagai macam tag, namun tetap saja tdk berhasil.

Untungnya ada situs http://www.metrotvnews.com

Cara Mendownloadnya :

1. kita pilih video yang ingin ditonton dengan mengklik salah satu link di kolom “news programme” dan “documentary”, contoh : pilih “Metro Siang” di “News Programme.”

2. lalu setelah muncul thumbnail videonya pilih salah satu yang akan diputar dengan menekan button “watch”

3. Seteleh itu video akan ditampilkan di windows baru. Nah, dari situ banyak tombol fungsi, diantaranya : play, stop, dan link ke program Real Player. Kita klik tombol berlogo “Real Player” yang posisinya ada di paling kanan.

4. lalu pilih “Play in Real Player”

5. Setelah itu video akan dimainkan di Real Player. Lalu pilih File > Clip Properties > View Clip Info. Atau ada cara paling gampang dengan menekan Ctrl+I

6. Nah, nanti akan muncul alamat video tersebut. “Copy” alamat (Link) tersebut, Lalu buka browser anda (Mozzila, IE, dll) nah… pada address bar tinggal “Salin (paste)” link tadi dan tekan enter
7. Nanti akan muncul dialog box untuk men-save file tadi… tinggal tekan tombol “save” dan download

Hasil dari download ini adalah file berekstensi *.RM. Anda bisa menyetelnya di Real Player. Bila ingin mengkonversinya ke MPG/AVI tinggal gunakan program “Total Video Converter” atau converter yang mensupport file ini.

Selamat mencoba…..

Hidup kolektor Berita Televisi!!!!!

Responses

  1. saya tambahin semoga bermanfaat : http://imediabiz.tv atau software untuk satelit TV juga ada tapi maaf aku lupa taruh nya dimana ntar kapan kapan kalau butuh hubungi aku aja pren.Bravo and salam kenal

  2. maaf ya mas……..
    tapi saat aku coba tuto-nya …… kaga bisa tuh …..

    tolong diperjelas……….

    terima kasih

  3. terima kasih banyak atas informasinya,besok saya ada ulangan untuk mendengarkan berita.Berkat berita itu saya sudah paham akan KD tersebut ^^

  4. gabisaaaaa…

  5. >>>>> tetep gak bisa dodol……………

  6. mana bos.. ga bisa tuh..??
    ada cara lain gak..please ..

  7. g bisa massss..
    apa uda d modif ma metro-nya???
    update infonya mas..
    thanks aniwe…

  8. Coba Liat kostblogger.com…..

    di situ lengkap tutorialnya….dah gw praktekin

  9. mas, bisa diperjelas lg ga? coz aku pusing, ta coba kok ga bisa ya. thx

  10. butuh bgt berrita buat bahan pembelajaran, cuma bingung downloadny gmn.

  11. ga bisa…udah di modif metrotvnewsnya…
    hiks… gmn ini???

  12. kagakkk bisa… kagakkk bisaaaaa…
    ^*&%$%#$#*(_*$@

  13. kalau mau download todays dialogue nya metrotv gimana ya, thx

    • maaf… kalo sekarang udah gak bisa lagi pake cara ini

    • kalo sekarang udah gak bisa download pake cara saya ini… pihak Metro TV kayaknya udah tau cara2 user mendownloadnya… tapi pasti ada cara lain

  14. trim as

  15. terimakasih sudah membantu……
    moga anda makin sukses


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

