Posted by: bachtiar hakim | March 22, 2008

Main ke Kampung Budaya Sindang Barang


 potret-kehidupan_080211_100558.jpg

Pendopo di Kampung Budaya Sindang Barang (Foto : Bach)

Mengingat Kampung Budaya SindangBarang, Jujur saja mengenang saat saya heran melihat papan reklame di pertigaan pancasan, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor. Tertulis dengan huruf Bold “Kampung Budaya Sindang Barang +/- 5 km arah ciapus). Saya baru tahu kalau Bogor raya saat ini punya sebuah situs yang bersejarah dan berharga. Mungkin tidak kalah dengan Kampung Budaya di Ciptanegara-Sukabumi, Kampung Toga-Sumedang, Kampung Naga-Tasikmalaya yang sudah tersohor.

Awalnya, saya terkejut ketika bertanya kepada anggota keluarga saya. Mereka juga belum tahu bahwa di Sindang Barang ada sebuah kampung budaya. Maka saya bertambah heran saja dan bertanya-tanya. “Apa kampung itu yang dulu pernah aku kunjungi bersama teman-teman dengan bersepeda?” Tanyaku.

Batu telapak kaki seukuran mobil sedan itu membayangi otak saya. Saya begitu penasaran terlebih ketika saya baru saja mengadalkan perjalanan budaya ke Baduy. Tentunya keaslian adat tidak semurni baduy karena mereka adalah kampung adat sedangkan sindangbarang merupakan kampung budaya.

Akhirnya karena saya begitu penasaran dengan desa yang kecamatannya bersebelahan dengan kecamatan rumah saya saya memutuskan untuk berangkat. Tentunya, tidak menggunakan sepeda seperti masa-masa SD dulu. kali ini saya mengunggangi motor Mio. Saya ambil prasangka positif saja bahwa kondisi jalan saat ini syudah lebih baik daripada dua belas tahun lalu.

Kearifan Lokal Kota Bogor

potret-kehidupan_080211_091849.jpgKampung Budaya Sindang Barang dari Jauh

potret-kehidupan_080211_093105.jpgPapan Perangkat  Kampung Budaya Sindang Barang yang Unik

potret-kehidupan_080211_100543.jpgLeuit atau Lumbung Padi  (Foto :Bach)


Responses

  1. Mohon referensinya “Kearifan Lokal Kampung Naga”, Thanks.

  2. Salam kenal..
    boleh dong dikirim lebih lanjut ke e-mail saya, saya jg penasaran dgn kampung budaya sindang barang,thx y..
    Salam..

  3. Halo, saya hadi pingin sekali ke sana, kalau untuk pre wedding bagus juga ya? boleh tau no persis alamat & nomo telpnya. Terimaksih

  4. @ hadi : nuansanya pas kalau buat pre-wedding tuh. Apalagi kalo mau pake busana tradisional.

    Nih alamatnya :
    Kampung Budaya Sindang Barang Desa Pasir Eurih Kec. Taman Sari Kabupaten Bogor Telp : 0251 9143005. Ibu Ajeng HP. 081931424209 bpk Karbet 087870112111 …

    Kalo mau, saya juga bisa jadi fotographer-nya… hehe… Hubungi aja saya di 0856 24111142

  5. Punten ka sadayana urang kampung sindang barang bade tumaros upami bade sumping kadinya patokan anu jelas alamatna palih mana?
    hatur nuhun

    Hormat ,

    juanda

  6. alamatnya di : Kampung Budaya Sindang Barang Desa Pasir Eurih Kec. Taman Sari Kabupaten Bogor
    ke arah menuju ciapus.

  7. Punten, sampurasun……..

    Bade tumaros, bilih bade ka KBS kana angkot nomorna sabaraha sareng tumpakna ti palih mana? Na leres kitu ti Lawang Saketeng?

    Hatur nuhun sateuacanna. Blog akang nambihan lembur urang ngetop kamana-mana. Dua jempol kang!!!

    • upami bade ka desa budaya sindangbarang.. teras wae nganggo angkot 03 jurusan Ciapus – Ramayana. Taroskeun ka sopirna bade ka sidnang barang teu? pokona kedah nu jursan Sindang barang… gampil da

  8. ass.punten bade tumaros kinten-kinten di kampung budaya teh sae te kanggo outbound siswa SD….teras sabaraha pangaos persiswana…..hatur nuhun….

    • bagus ….tp tolong kasih penjelsannya yg lebih rinci lg ya..

      • terima kasih atas sarannya… salam

  9. wah..saya orang cikaret asli,kira2 cuma 1km ke kamp.budaya sindang barang, dan daerah itu juga tempat maen masa2 kecil kalo pulang sekolah..bisa tolong kirim profil jelas ga ke email saya..coz skarang saya tinggal di jkt, pengen banget nanti ajak istri anak n mertua..sekalian pulang kampung.thanx

  10. Saya kemarin bermain di Kampung Budaya, terus terang saya sangat kecewa terhadap pelayananan dan harga yang diberikan oleh kampung budaya, yaitu:
    1. Mati Lampu
    2. Tidak tersedia selimut
    3. dan banyak lagi nanti dilanjut.

  11. kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn pokoknya tempat ini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: