Posted by: bachtiar hakim | May 5, 2008

Hadiah Asem Jawa dari Ibu


Hadiah Asem Jawa dari Ibu

Bogor, 4 Mei 2008

Ini mungkin cara pemberian kado paling aneh yang dilakukan oleh orangtua ketika saya ulang tahun. Saat saya sedang bergegas untuk kembali ke Jatinangor, Bapak dan Ibu menyodorkan saya sebuah buku. Ini memang tidak lazim. Biasanya saya langsung diajak ke toko buku lalu disuruh memilih buku yang disukai kemudian beliau langsung membayarinya. Terkadang bapak juga memberi uang dan lantas menyarankan saya untuk membelanjakannya ke toko buku dan sisanya untuk mentraktir teman.

Lagipula judul bukunya masih terdengar asing, Nama Asmaragama Jawa yang terpampang di sampul langsung diplesetkan oleh saya menjadi Asem Jawa. Saya juga bingung untuk mengejanya. Apakah harus dibaca Asmar-Agama atau Asmara-Gama. Ejaan kedua itu ternyata yang benar. Pikir saya pasti buku-buku yang berhubungan dengan cinta.

Entah orangtua menginginkan saya mulai memikirkan masalah perjodohan. Tapi tak ada komentar ataupun nasehat yang serius. Saya anggap pemberian buku itu hanya sekedar membuka atau trigger saja.

Saya hanya bertanya-tanya kenapa ada embel-embel Jawa. Sindir punya sindir ternyata ibu saya punya harapan agar anaknya berjodoh dengan orang jawa. Waduuuhh… kaget juga. Masalahnya saya belum pernah bercerita dengan serius tentang hal-hal yang berbau pernikahan. Memikirkannya saja belum. Dan kenapa harus jawa? Kenapa gak orang padang, Kalimantan, Papua, atau orang Jepang… hahahaha? Ibu saya hanya tersenyum seraya memerintahkan saya untuk mencicipi buku itu…

Mencicipi asem jawa??? Rasanya yach… ASSEEEMM buu!!

Baiklah bu.. saya akan membacanya!!!


Responses

  1. enak ya mas…

    punya orang tua yang mengerti apa kebutuhan anaknya..😀

    dikasi uang untuk beli buku lagi…😀

  2. enaknya diperhatikkan ma orang tua ……….
    jadi ngiri ……
    pa lagi saya jauh dari orang tua …….


Leave a Reply

Categories

