Posted by: bachtiar hakim | July 28, 2008

“Reporting in Depth” – Hiley H. Ward


Judul buku : “Reporting in Depth”
Penulis : Hiley H. Ward
———————————————————————————————————–

RANGKUMAN
*) maaf, ini hasil terjemahan bersama, jadi kalau ada kata-kata yang salah, mohon dikoreksi

Diterjemahkan oleh : Surya Mahendra, Bachtiar Hakim, Yogi Herdani, Anka, Abo, Baihaqi, Isa Almawadi, Sissy, Ervin Herdiansyah

BAB I APAKAH PELAPORAN MENDALAM ITU?
Segala Sesuatu tentang Pelaporan Mendalam
Buku ini menggunakan istilah, in-depth dan investigatif secara bergantian. Sebagai hasilnya, kau dapat membedakannya.
John Ullmann, mantan asisten editor pelaksana pada proyek-proyek Star Tribune di Minneapolis, berkata bahwa laporan in-depth itu :
“ berada di bawah permukaan dan dapat menggabungkan peristiwa yang berantai,” namun dia menambahkan, “kau dapat membuat berita in-depth namun bukan merupakan sebuah berita yang inveatigative.
Singkatnya, jika kau menutupi papal visit lalu membuat analisis dan menemukan material baru, itu tidak membuatnya investigative.” Dia meyakini bahwa investigative itu termasuk mencari tahu hal2 yang sifatnya rahasia. Kedua, dia mengatakan, laporan investigative adalah pasti bagian dari pekerjaan pribadi seseorang, yang tentunya dibuat oleh reporter. Penerbitan pada tahun 1971 oleh Pentagon Papers tentang Perang Vietnam, walaupun pengendalian diatur oleh pemerintah, bukan merupakan laporan investigative. Ketiga, laporan investigative pasti merupakan kepentingan yang signifikan. Berdasarkan Ullmann, “Ketiga elemen tersebut harus ada untuk menunjukkan bahwa laporan tersebut bersifat investigative,” the clearly distinguishing elemen yang ada, dalam pandangannya dan orang lain, kerahasiaan tentang subjek terkait.
John Wicklein, yang dulunya berasal dari New York Times dan mantan direktur terakhir di Klippinger Graduate Program in Public Affairs di Universitas Negeri Ohio, percaya bahwa laporan in-depth berarti reporter tersebut membawa “informasi baru yang tidak jelas ke permukaan.” Dalam laporan investigative, dia menambahkan, “anda sedang menuju pada sebuah tuduhan atau perubahan besar dalam perundang-undangan.” Sebuah hipotesis menolong untuk menunjukkan tujuannya. Namun laporan in-depth memiliki maksud dan tujuannya sendiri, yaitu untuk menginformasikan dan mengisi celah2 yang ada sehingga dapat juga menyebabkan perubahan di masyarakat.
Wicklein, yang baru saja diberi penghargaan Fulbright Grant di sebuah universitas Australia untuk meneliti kebebasan pers di Negara persemakmuran Inggris (British Commonwealth), menyukai istilah laporan enterprise(enterprise reporting), yang die deskripsikan sebagai “laporan yang mendobrak wilayah baru.” Tipe laporan ini dapat sebagai “explanatory reporting,” katanya, “jika itu membuat public mengerti.”
Beberapa orang percaya bahwa penandaan lain juga diperlukan untuk artikel yang lebih penuh daripada artikel yang bersifat in-depth dan investigative. Explanatory adalah kategori baru di penghargaan Pulitzer (Pulitzer Prizes). Sebuah Pulitzer sekarang diberikan untuk “contoh berbeda dari jurnalisme explanatory yang menjelaskan isu2 yang signofikan dan rumit.” Ini adalah tambahan dari kategori yang lebih dulu dari laporan investigative.

Akar-akar Pelaporan Mendalam
Dunia sejarah penuh dengan laporan in-depth. Penulis kronik kisah2 perang dan peristiwa, seperti Herodotus, Josephus, Julius Caesar, Tacitus, Plutarch dan Marcus Aurelius, mengembangkan risalah mendalam pada saat itu. Buku2 tentang perjanjian lama dan baru layaknya Kitab Injil, seperti Al-Quran dan Kitab2 Hindu dan Buddha, sejarah orang2 dan peristiwa2 secara rinci dan secara selektif berfokus pada ide2 tertentu.
Orang2 Roma menerima sejumlah peristiwa by posted notices dan surat2. acta Diurna, dimulai dengan Julius Caesar, pada walnya menutupi dekrit2, lalu memperluasnya menjadi berita umum; Acta Senatus menyajikan apa yang terjadi di Senat; Acta Publica memaparkan laporan keuangan kerajaan.
Pada abad ke-16 dan ke-17 Inggris, banyak editor tidak memasukkan veri resmi dari peristiwa2 dan menerbitkan pandangan lain. Ketika kebanyakan tulisan mereka bersifat editorial dan esai, ada fakta bahwa kekuasaan menggambarkan larangan dan aturan resmi yang mengharuskan agar editor menggali berita tentang kerajaan dan lainnya yang bertentangan dengan informasi resmi.

BAB 2 MENEMUKAN IDE DAN MEMULAINYA
Ide-ide ada di manapun
Ide ada dimana-mana seperti halnya gelombang radio. Kau dapat mendengarkannya dengan memutar sebuah saluran radio. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat dirimu berada pada gelombang kreatif. Dimulai dengan membuat pertanyaan.
Mulai dengan surat kabar harianmu, dan jangan hanya mencari kelanjutan beritanya, namun juga mencari ide2 yang mengarah pada ide2 yang lain. Ambil berita tersebut dan tanyakan, “Bagaimana jika…?” Bagaimana jika apa tercantum pada artikel atau feature tersebut bukan berita yang sebenarnya?
Dapatkah pandangan yang lebih dekat memunculkan angle yang berbeda? Dapatkah lawan dari fakta tersebut menjadi benar? Jika kau cukup melakukan ini, kau akan sukses. Latih dirimu untuk mencari ide, kau menjadi seorang manusia penuh ide dan seseorang yang diinginkan oleh seorang editor agresif.

Langkah-langkah yang Dilakukan
Anda bisa mendapat ide dengan mengambil beberapa gambaran langah-langkah di bawah ini. Dan, seperti yang Anda lihat dalam bab berikutnya, banyak cerita-cerita bagus dimulai dari cara sederhana ini.

Belajar publikasi
Perkembangan terbaru sering pertama kali disebutkan di amjalah dannjurnal – beberapa tidak jelas dan dipublikasikan dengan mudah oleh wartawan dan editor.
Times New York, misalnya, mmbuat halaman artikl dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan membuatnya dalam publikasi khusus. Pertimbangan dari halaman artikel Times pengujian dari sebuah obat baru (1-9-86), dari New England Journal of Medicine; sebuah gambaran dari kelabihan ke-5 di dunia (1-8-86), dari sebuah isu Physical Reviews Letrs; kolesterol yang mengancam menghalangi kinerja arteri (6-19-87), dari Journal of the American Medical Association; penemuan ikan tradisional dipercaya akan punah (9-24-87), dari majalah Nature; uji test darah untuk wanita hamil yang menampakkan janin, dari Lancet, jurnal kesehatan Inggris; wanita lbih cepat mabuk daripada pria (1-11-90), dari New England Journal of Medicine.
Setiap inovasi biasanya dipublikasikan di majalah atau jurnal khusus atau tidak terkenal dan biasanya luput dari pandangan reporter atau editor. Contohnya The New York Times menampilkan laporan tentang obat penangkal demam berdasarkan publikasi di The New England Journal of Medicine.
Telitilah daftar
Yellow pages dapat dimanfaatkan untuk menemukan pekerjaan, jasa atau organisasi yang unik, jarang atau tidak biasa.
Jadilah pewawancara hAndal
Makud hAndal di sinilah adalah mengetahui berbagai hal, bahkan yang bersifat khusus. Wawasan luas merupakan modal untuk melakukan penyelisikan.
Bergabung di suatu grup
Pelajari agenda, carilah acara berita. Apa kisah di balik agenda tersebut bisa dijadikan artikel? Jika tidak ada, anggota grup dengan beragam latar belakang bisa dijadikan sumber informasi.
Menjadi ahli bidang tertentu
Bagaimanapun Anda ahli di bidang arsitektur, bisnis atau perkuliahan, suatu saat itu akan membantu untuk menulis berita.
Periksa rekaman
Di bab 4 “Menemukan Rekaman dan Dokumen” akan menjelaskan bahwa menggunakan rekaman dan dokumen akan sangat membantu dalam memulai penyelisikan.
Buatlah sebuah profil
Buatlah profil seseorang atau sebuah organisasi. Dengan merunut semua informasi yang diperoleh, Anda bisa menemukan informasi yang menarik.
Bangunlah jaringan sumber berita
Bertemulah dengan orang di luar zona nyaman pergaulan Anda. Semakin banyak orang yang Anda temui, semakin banyak pula informasi yang bisa diperoleh.
Bangunlah kemandirian
Konferensi pers memang penting dan berguna, tetapi jangan terlalu bergantung padanya. Jika memungkinkan, carilah informasi sendiri. Hindarilah penyeragaman penulisan berita dengan wartawan lain.
Bersemangatlah
Tanyakan “Mengapa” karena banyak kisah bermula dengan pertanyaan ini. Mengapa ini terjadi? Mengapa dia bisa terlibat? Mengapa pemerintah lalai?
Gunakan imajinasi
Gunakan imajinasi dengan berkata “Bagaimana jika …?” Bagaimana jika fakta yang tampak justru tidak benar?

Menjalin Hubungan dengan Sumber Informasi
Reporter yang baik biasanya memiliki sumber informasi yang berasal dari kalangan tidak penting dan tidak terkenal namun bisa memberikan sejumlah informasi. Tetapi, perlu bersikap hati-hati untuk tidak terjebak dalam masalah dan memihak sumber. Biasanya mereka berbicara dengan maksud tertentu. Patut diingat bahwa sumber informasi bukan sumber berita. Mereka hanyalah penuntun. Bagaimanapun juga sumber ini harus diverifikasi kebenaran informasinya demi menghindari berita bohong.

Verifikasi
Kesalahan bisa terjadi pada orang yang bekerja di bawah tekanan, lupa untuk mengecek referensi, menggunakan informasi dari dokumen semata atau sumber kedua atau menyalahkan kelemahan manusia. Ada beberapa alasan terjadinya human error, berdasarkan penelitian di Medill School of Journalism di Northwestern University, antara lain: kurang menghargai fakta, tidak menyadari dirinya takut dan kecenderungan budaya untuk menerima ketidakjelasan. Ketidaktepatan merupakan kebohongan.
Koran dan majalah dengan oplah tinggi biasanya mampu mempekerjakan para pengecek fakta (fact checker). Ada staf yang bekerja sebagai pengecek fakta di setiap artikel. Biasanya mereka menAndakan setiap fakta yang sudah dicek dengan tinta warna. Pekerjaan ini begitu penting, sampai-sampai American Society of Magazine Editors mengadakan workshop pengecekan fakta.

Bisakah Menggunakan Sumber Anonim?
Untuk membuat sebuah kisah bisa dipercaya, Anda harus menuliskan nama setiap sumber berita. Tidak seorangpun ingin membaca berita yang tidak menyebutkan para pelaku dalam berita tersebut. Tetapi, apakah Anda akan memasukkan nama sumber berita yang tidak ingin namanya dicantumkan, demi keselamatan mereka?
Pengecualian selalu memungkinkan. Sangat sulit untuk menghindari sumber anonim dalam pelaporan mendalam. Tetapi, sejumlah surat kabar mencoba meminimalisasi penggunaan sumber anonim. USA Today bahkan membuat aturan “USA Today tidak menerima sumber anonim”.

Memulai Tanpa Ide
Pergilah ke perpustakaan. Bayangkan Anda sedang berada di toko mainan. Carilah apa yang menarik perhatian Anda, ide apa yang kemudian muncul. Bacalah koran. Mungkin saja ada ide yang bagus setelah membaca koran terbitan luar kota.
Jika Anda mempunyai ide atau nama seseorang, tugas Anda adalah mengumpulkan informasi tentang ide atau sosok tersebut. Anda membuat “profil”. Anda bisa memaksimalkan informasi yang ada. Jika merupakan sosok tertentu, Anda bisa mencari tahu segala informasi tentangnya. Dalam kisah seseorang biasanya ada hal yang bisa ditelaah lebih dalam. Institusi atau agensi juga bisa dijadikan profil. Apa yang dilakukan organisasi, bagaimana pelayanan mereka dan sebagainya.

Metode Partisipator
Bentuk lain dari pendekatan “buta” adalah bertindak kreatif dan berjiwa petualang. Ada tradisi liputan “partisipator”, yakni jenis liputan di mana Anda bergabung di suatu kelompok tertentu, seperti Ku Klux Khan, komunitas John Birch atau partai Nazi baru atau sekte rahasia.

Menyusuri Dokumen (paper trail)
Dalam menghasilkan laporan mendalam akan melibatkan aktivitas berkutat dengan kertas-kertas dokumen. Jika Anda ingin menjadi wartawan laporan mendalam atau investigasi, pilihannya adalah “akrablah dengan dokumen”. Atau agar terdengar lebih bergengsi, ambillah saran ini: ikutilah uang. Kemana uangnya pergi? Apa yang ditampilkan rekaman ini?

Merumuskan Strategi
Berikut contoh perencanaan yang bisa dimanfaatkan sebagai strategi untuk reporter:
1.Memilih topik. Tentukan hipotesis tunggal
2.Tentukan segmentasi pembaca
3.Pertimbangkan hipotesis alternatif
4.Kembangkan strategi untuk menjual ide kepada editor
5.Pertimbangkan jika laporan dimuat: masalah yang kiranya menghampiri, dampak pemuatan laporan.
6.Pahamilah topik yang dipilih dan bahasanya. Anda akan mewawancarai pakar dan yakinkan diri bahwa Anda memahami istilah-istilah.
7.Kembangkan informasi latar belakang masalah, pergilah ke perpustakaan.
8.Carilah catatan atau dokumen
9.Buatlah wawancara dengan sumber utama, birokrasi atau pakar
10.Verifikasi semua fakta
11.Buatlah kerangka laporan
12.Tetaplah berhubungan dengan sumber berita ketika laporan telah terbit. Jangan biarkan sumber dilupakan begitu saja.

BAB 3 LATAR BELAKANG TULISAN
Kenali Perpustakaan Anda
Banyak perpustakaan memiliki petunjuk tentang bagaimana menggunakan isi dari perpustakaan mereka. Beberapa perpustakaan menawarkan pemandu: secara keseluruhan, mereka memiliki informasi dan referensi. Padanya, anda dapat menanyakan bagaimana cara anda mendapatkan banyak informasi.
Pemandu mengetahui bagaimana cara menggunakan perpustakaan, hal tersebut terdapat didalam: The New York times Guide to Reference aterials (Popular Library, New York); References Books: A Brief Guide, editor Marion Bell dan Eleanor Swidan dan penerbit oleh The Enoch Library, Baltimore, Md.; dan Buku Davi Beasley “How to Use a Research Library” (New York: Oxford Universitas Press, 1988).

Dunia Pusat Data
Tiga konsep kunci adalah: organisasi, tujuan dan kelanjutannya. Tanpa organisasi sebuah koleksi data yang penting dapat menjadi cerita bohong yang tidak berguna. Dan pengorganisasian dalam pusat data dapat menjadi sangat sulit, karena tidak kurang data adalah awalan dalam sebuah rentetan definisi, sebagai contoh kasusnya adalah buku telpon, dimana nama belakang menjadi informasi paling awal. Pada akhirnya harus ada beberapa tujuan yang diberikan untuk pusat data. Sebaliknya “mengapa itu dijadikan tempat pertama?”
Ada beberapa buku petunjuk yang komprehensif bagi asosiasi. Encyclopedia of Assosiation, diterbitkan oleh Gale Research.,Co yang memiliki informasi kepada 16000 asosiasi nasional berdasarkan kategorinya. Kemudian di dalamnya terdapat The National Trade and Proffesional Association pada Amerika dan Kanada, diterbitkan oleh Columbia Books Inc., Washington. Itu berisikan daftar secara alfabet mendekati 5000 kelompok profesional perdagangan nasional. Juga The Writer’s Resource Guide, diedit oleh William Brohaugh (Penulis Digest Book, Cincinnati), termasuk di dalamnya informasi sekitar 2.000 badan, asosiasi dan sumber lainnya. Beberapa dari kategori khusus bersumber dari informasi asing, informasi pemerintah, komunitas sejarah, seni, olahraga, rumah sakit dan klinik.

Mencari Petunjuk Telepon
Setiap kegiatan, setiap profesi, bisnis dan usaha seharusnya mempunyai petunjuk telepon—digunakan untuk menelpon atau jika anda tertarik pada rambut palsu atau paralon untuk untuk atap rumah anda. Ya, terdapat petunjuk untuk permasalahan mengenai rambut dan petunjuk Gutters Downspouts sebagai penjual dan penyalur. The Gale Research Co., menarik masuk perusahaan hingga mendekati 10.000 petunjuk telepon dalam 1800 halaman, dua jilid, tahunan The Directory of Directories.

BAB 4 MENEMUKAN ARSIP DAN DOKUMEN
Dokumen, laporan-laporan dan bahan-bahan data lainnya akan menjadi tulang punggung dari cerita dimana tidak tergantung dari apa yang anda katakan, tapi apa yang anda lihat dan baca. Wartawan pemula mungkin hanya akan jalan menuju kantor (narasumber) dan menunggu apa yang mereka katakan. Wartawan yang diskriminasi biasanya mencari data-data dan dokumen sebelum berbicara/wawamcara dengan narasumber.
Kunci untuk mengetahui dokumen dan data apa yang mau dilihat adalah mengetahui hukum. Hak untuk melihat dokumen resmi bukan hak yang melekat tapi tergantung pada hukum yang berlaku di suatu daerah. Anda harus tahu peraturan di daerah anda tentang mengakses catatan publik dan anda harus mengerti Undang-Undang Kebebasan Informasi, yang menyediakan jaminan untuk mengakses catatan di kantor pemerintahan.

Mendokumentasikan di Tingkat Perkotaan
Sebagai contohnya The City of Wichita, Kan., yang diterbitkan berdasarkan perluasan dari buklet tahunan “Organization Charts”. Didalamnya terdapat 80 halaman yang tidak hanya dinamakan dengan berbagai badan multilevel pada pemerintah daerah, tetapi juga bagaimana sebuah badan memiliki hubungan dengan seluruh perusahaan pemerintah, yang telah diidentifikansikannya melalui bagan-bagan. Juga termasuk didalamnya setiap elemen dari pemerintahan. Kota juga memiliki laporan detil sebanyak 265 halaman yang didalamnya termasuk berkas pengeluaran, termasuk seluruh daftar gaji yang dari sekertaris hingga pengawas (kepala) departemen.
Beberapa kota seperti philadephia, mencetah buku saku atau petunjuk telepon manual dari seluruh departemen dan badan serta pegawai mereka. Disini terdapat bagan organisasi yang lengkap dari jajaran eksekutif – walikota, wakil walikota, jajaran direksi manajemen dan keuangan—untuk hal yudisial, legislatif, dan berbagai departemen dan badan.

Organisasi Pelayanan Wartawan
Informasi permasalahan FOI dan isu pencemaran nama baik, bulatnya jam, untuk jurnalis dan pengacara.
Program hubungan jurnalisme dan hukum untuk 20 siswa setiap tahun.
Pusat FOI menjawab pertanyaanfederal dan kebebasan berbegara yang dijadikan arsip negara.
Publikasi majalah.

BAB 5 MENGAHADAPI MASALAH-MASALAH WAWANCARA
Apa yang Anda Inginkan dari Sebuah Wawancara
Wartawan berpengalaman bukanlah seorang penulis steno yang menuliskan semua yang dikatakan atau kata-kata yang diperintahkan. Wartawan tersebut harus selektif. Sangat menolong jika memiliki sebuah tujuan dalam pemikiran kita. Untuk beberapa wawancara pendek, kata-kata dari seseorang atau subjek dapat menggunakan detail yang selektif dan anekdot. Untuk wawancara mendalam, supaya mendapatkan klarifikasi anda menyelidik ke area yang diketahui dan tidak diketahui, mengisi kesenjangan dan menafsirkan materi.
Semua wawancara efektif dirancang untuk mendapatkan inti dari masalah. Jika anda sedang membuat profil mengenai seseorang, anda ingin mengetahui intisari dari karakter subjek yang diwawancara, inti utama dari orang tersebut, apa yang membuat orang tersebut penting. Sebagai wartawan berita mendalam, anda mencari fokus utama dari perhatian dan pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat luas.

Menciptakan hubungan
Faktanya, anda dapat beragumen bahwa semakin panjang pertanyaanmu, maka semakin pendek jawaban yang diberikan. Cepat sadar saat anda merasa terlalu asyik dan waktu telah berlalu. Beberapa selebriti cukup bersahabat dengan reporter, tapi sebagai reporter anda harus memutar haluan mereka dengan cepat atau anda tidak memiliki waktu yang tersisa untuk wawancara.

Mendapatkan Kebenaran
Tujuan reportase, Carl Bernstein wartawan investigasi Watergate berkata, untuk mencapai versi dari kebenaran yang paling baik untuk dicapai.” Apakah menulis tentang olahraga ataupun menulis mengenai satu keluarga, tujuannya, ia mengulang, adalah “mendapatkan versi dari kebenaran yang terbaik untuk dicapai.”

Jangan pernah berasumsi.
Periksa segalanya. Sebagian besar kesalah wartawan adalah kesalahan sederhana, bukan kesalahan fatal namun kecerobohan. Periksa dua kali. Selalu ragu.

Orang akan mengatakan apa yang mereka pikirkan.
Sedikit orang membedakan antara apa yang benar-benar mereka ketahui dan apa yang mereka kira. Narasumber mungkin mengatakan kepada anda apa yang mereka curigai, pikirkan, spekulasikan, atau dengar dari orang lain, tanpa benar-benar mengetahuinya. Itu terserah anda untuk mengakui perbedaan perbedaan dan mencari fakta. Ada tes ringkas yang dapat digunakan : tanyakan dia dan juga diri anda, “Bagaimana anda mengetahui hal tersebut?”

Gunakan akal sehat anda.
Cari apa yang baik, sederhana, dan masuk di akal. Bangun pikiran logis. Coba cari sesuai apa yang sebenarnya bukan yang kamu harap. Satu peringatan- sebuah cerita yang terdengar terlalu bagus seringnya tidak benar.

Orang-orang jarang mengatakan kebohongan 100%.
Biasanya terdapat inti kebenaran di setiap cerita. Sebagian besar orang tidak ahli membuat kebohongan. Mereka mungkin mengubah warna, melebih-lebihkan, menghilangkan, menyeleksi, salah mengtarakan, atau salah paham mengenai fakta-fakta. Sebagai peraturan, orang-orang akan mengatakan versi yang menyediakan mereka posisi yang terbaik. Tapi cerita dirajut dari beberapa kebenaran di sekitarnya. Sebuah kata tidak sederhana bisa melengkapi kebohongan, sebuah kalimat panjang mengandung beberapa fakta. Ini adalah tugas wartawan menghapus arsiran dari lapisan agar mengetahui apa yang sebenarnya.

Lihat apa yang hilang.
Di tiap tingkatan cerita, mungkin menolong untuk menarik daftar pemeriksaan apa yang tidak kamu ketahui. Hindari terlalu bangga dengan apa yang anda temukan yang tidak memiliki tanda mengenai apa yang ada di sana. Kembangkan perasaan tidak cukup untuk menambahkan – dan selalu mencari lubang.

Jangan memburu-buru kebenaran.
Ya, anda harus bertemu tenggat waktu. Sebuah tenggat waktu tidak pernah memberi kebebasan menulis apa yang tidak anda ketahui. Atur waktumu. Bersabar dalam mengejar fakta. Jika nada harus menulis dan tidak mengetahui semua jawaban, katakan pada pembaca anda juga. Sukses datang saat menjadi pertama dan benar. Tapi itu lebih baik dibandingkan jadi nomor dua dan salah.

Ketakutan.
Khawatir mengenai apa yang mungkin anda ketahui, apa yang mungkin tertinggal oleh anda. Jika anda wartawan yang khawatir salah, anda memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mencari kebenaran cerita.

Menemukan Tempat yang Tepat untuk Wawancara
Anda dapat mewawancara subjek di sebuah tempat dimana orang tersebut setuju dan tidak merasa terburu-buru. Ini termasuk menemukan sebuah tempat yang bebas dari reporter lain yang akan menginterupsi dan yang menggunakan jawaban dari pertanyaan anda yang kemudian mereka masukkan ke dalam cerita mereka.
Konferensi pers dan persroom mengumpulkan wawancara tidak memuaskan. Wawancara anda akan disalin oleh yang lain dan mendapatkan pertanyaan lanjutan akan sulit, karena reporter lain bisa jadi mengubah topik pertanyaan.
Konferensi pers layak untuk didatangi (terkadang malah satu-satunya cara) untuk mendapatkan pengumuman dan informasi dasar. Namun, anda bisa mendapatkan lebih dengan menangkap bintang dari konferensi pers tersebut. Ini dapat selesai dengan cepat daripada yang anda bayangkan.

BAB 6 STRUKTUR TULISAN PELAPORAN MENDALAM
Bagaimana memelihara ketertarikan untuk menyimak? Bukan seperti berita langsung atau berita khas yang menyenangkan, tulisan in-depth haruslah membawa informasi yang pantas untuk dipertimbangkan.
Kejelasan dari struktur adalah poin yang utama. Cara pandang harus memiliki arah di seluruh materinya. Di dalam berita langsung, puncak dari cerita dimuat dengan fakta dan tersusun berdasarkan piramida terbalik. Di berita khas, gaya membawa karakter dari topik lebih terasa hidup, seperti halnya dalam fiksi. Struktur membantu pembaca untuk melihat cerita, seperti halnya struktur super yang memberikan bentuk pada gedung pencakar langit atau kapal laut. Inilah struktur yang akan menyimpan tulisan dari pemilah-milahan menuju labirin membosankan.

Nutgraf
Istilah tersebut berarti “menuliskannya sependek-pendeknya.” Nutgraf (paragraf pendek) menyatakan isi secara kecil namun tepat. Apa poinnya? Nutgraf dari tulisan tersebut harus menemukan arahnya ke bagian atas tulisan in-depth, karena diperlukan di seluruh bagian tulisan. Berita langsung akan dimulai dengan Nutgraf, termasuk juga berita khas, berita di majalah, pelaporan mendalam serta laporan investigasi, semuanya mesti memiliki nutgraf.
Kadang teras berita harus sejelas “ berita ini adalah tentang…” ini yang dilakukan oleh wartawan Philadelphia Inqiurer, Amy Linn, pada artikelnya. Sekitar empat inci menuju artikelnya tentang keterbelakangan mental dan perlakuannya di pengadilan, setelah memperkenalkan orang dengan IQ yang rendah, Linn menulis:

Cara langsung
Beberapa laporan mendalam menggunakan fakta sejak awal tulisannya. Dalam artikel di Newsday oleh George McGovern, ketika presiden dari partai demokrat bertarung melawan Richard Nixon, diceritakan pada kalimat pertama. Sudut cerita yang jelas memberikan keselurhan kemungkinan untuk menjelajahi hal lain.

Formula menarik perhatian
Banyak laporan mendalam dan artikel investigasi diikuti oleh berbagai formula. Kamu dapat mengenalinya langsung. Kadang itu terlihat telah ditambahi oleh cerita dari orang lain. Ini adalah format “peluru”. Tujuannya adalah sebagai rangkuman atau penyataan, dan dengan berkembangnya tulisan, materi “peluru” juga ikut berkembang.

BAB 7 MELONGOK KEHIDUPAN KAMPUS (CHECKING OUT THE CAMPUS)
Hal-hal kampus mencakup semua jalan dari siswa dan bagaimana mereka mengarah ke bisnis pendidikan menuju pengaturan dan bagaimana itu berjalan memenuhi sasarannya. Kampus seperti halnya negeri kecil, dengan perbatasannya, mencakup komunitas yang berbeda namun berpasangan kepribadian-kepribadian yang bercampur-aduk dalam masyarakat secara umumnya.

Ide Kampus
Tantang dirimu untuk membuat 10 berita mengenai kampusmu. Satu kelas pelaporan di universitas di Philadelphia, sebagai latihan pembuka, mempunyai tugas untuk melakukan pengisahan kampus untuk diterbitkan. Topik itu untuk megangkat nama sebuah perusahaan, tetapi sebagai tugas yang pendek, hal itu tidak menjadi sesuatu yang rumit.
Dokumen Palsu dan Penjiplakan
Beberapa siswa menginginkan untuk menghindari pekerjaan yang memerlukan makalah; yang lain menghendaki IDs untuk memasuki suatu klub malam yang populer di mana minuman keras dijual ,atau mereka menghendaki pemberi kerja prospektif yang tidak bisa menolak; dan di sana mereka yang menipu di dalam kelas-kelas. Lebih lanjut ada beberapa contoh dari bagaimana beberapa siswa pelaporan mendalam menangani masalah kebusukan dan kompromi moral pada kelas sehari-hari.
Di setiap kampus mungkin, ada jaringan yang diragukan di mana para siswa dilibatkan. Anda dapat menembus asosiasi ini untuk menunjukkan bagaimana mereka bekerja. Sebagai contoh, mempertimbangkan makalah; iklan-iklan di dalam persembahan dokumen kampus untuk menghasilkan keuntungan. Satu iklan di dalam Wichita State SUNFLOWER itu bertajuk “Hindari Term Paper Blues” dan menawarkan suatu katalog yang berisi “memerinci uraian-uraian ribuan dokumen riset mutu.”

Seberapa Bagus Makanan di Kampus
Cek tempat makan di kampusmu. Mungkin di sana terdapat gerai yang menjual hot dog dan pizza, McDonald dan Burger Kings; kafe pusat di tengah siswa; di klub fakultas. Inspeksi kesehatan dan sanitasi pada tempat tersebut diatur oleh kota dan negara

BAB 8 PENDIDIKAN: MELIPUT MASALAH ADMINISTRASI (EDUCATION: COVERING ADMINISTRATION)
Sebuah universitas harus dilihat seperti jenis-jenis bisnis lainnya, tapi dalam banyak hal sulit sekali untuk melakukannya, karena sedikitnya akuntabilitas. Tidak ada pemegang saham yang harus diberi laporan, dan tampaknya hanya ada sedikit orang yang peduli dengan apa yang terjadi di dalam sebuah institusi yang bernama universitas. Orang-orang bisa mengajarkan semua pekerjaan mereka di satu tempat dan tidak pernah mempertimbangkan dana universitas.
Permainan keuangan bisa dilakukan di koridor remang-remang di sebuah universitas, terutama di universitas swasta atau semi-swasta. Presidennya bisa memberikan insentif pada dekan sebesar $1.000 untuk setiap $50.000 yang bisa mereka potong dari dana yang ada.

Konflik Kepentingan
Sama seperti ketika seorang reporter melihat lebih dekat tiap anggota dewan kota dan mencocokkan data hasil pemilihannya dengan kepemilikan harta dan barangnya untuk mencari tahu kemungkinan terjadinya konflik kepentingan, seorang reporter mahasiswa pun dapat melakukan hal yang sama terhadap dewan penasihat kampus. Buatlah catatan profil seseorang—apa yang dikatakan oleh catatan publik.
Satu makalah universitas, tampaknya sudah hampir memenangkan Pulitzer dengan investigasinya mengenai dewan penasihat universitas yang bersangkutan. Semuanya bermula di suatu Sabtu sore yang cerah di Ball State University di Muncie, Indiana, ketika mahasiswa ekonomi, Don Yaeger, memutuskan untuk melihat-lihat data Dewan Penasihat saat ia berada di perpustakaan kampusnya. David L. Knott, penasihat koran kampus Daily News, sedang memotong rumput ketika Yaeger memanggilnya dan meminta bantuannya untuk memahami laporan kepemilikan aset para dewan penasihat.

Menggunakan Kendaraan milik Universitas
Cari tahu siapa yang berhak menggunakan kendaraan milik universitas atau fakultas, dan apa peraturannya. Observasi lebih jauh perlu dilakukan untuk mengetahui apakah kendaraan-kendaraan itu digunakan dengan benar.
Brian Hill, dari Daily Californian, yang melakukan penyelidikan tentang masalah ini di Universitas California, Berkeley, mengingat kembali bagaimana ia bisa mendapatkan ide untuk menulis berita mengenai apa yang tampaknya penggunaan yang tidak tepat atas kendaraan kampus.

Bab 10 Dunia Olahraga
Bersinggungan dengan Hukum
Kadang tokoh olahraga bersinggungan dengan hukum. Bagaimana seorang atlit diawasi ketika “diluar’ jalurnya?
Tim basket Temple University sedang popular pada tahun 1988, mereka menjuarai kejuaraan nasional. Jika ada saja “kasus kecil” maka dengan cepat akan menjadi berita besar. Suatu kali reporter di Temple University News, Dan Christ, mendapat kabar bahwa salah satu atlit ditahan. Polisi mengatakan bahwa atlit tersbut ditahan karena mabuk dan dipenjara pada pukul 03.20.
Itu sudah merupakan berita, namun yang menjadi pertanyaan adalah, siapa yang menjamin atlit tersebut agar bisa keluar dari penjara? Jika kampus yang melakukannya, maka kampus bisa dikenai peringatan.
Merujuk pada laporannya Keteyian mengatakan bahwa ide pertama untuk menulis artikel ini muncul karena hal yang simple, yaitu sebab mengapa Higgins tidak muncul di konferensi pers untuk mengumumkan sekolah pilihannya. Sebenarnya reporter lain juga merasakan keanehan tersebut tapi hanya Keteyian yang tetap setia membongkar kasus tersebut meski sumber informasi lainnya menolak untuk diwawancarai.

Pemeriksaan
Saat pemerikasaan catatan lainnya tidak tersedia karena pertimbangan privasi, banyak orang dari universitas mendapatkan izin untuk memeroleh transkrip, status pendaftaran dan catatan pelaksanaan lainnya. Sebuah keleluasaan mendapatkn sumber, pengolahan dengan ketelitian, sebagai indikasi awal, akan membantumu dalam mendapatkan catatan individual dalam beberapa bentuk, salah satunya melalui cara yang umum atau dalam interpretasi.

Bab 11 Polisi, Keamanan Kampus, dan Pengadilan
Di kampus, cari tahu pimpinan dan wakil pimpinan bagian kemanan dan kepala bagian ketertiban kampus dan selidiki mereka, juga di kantor lainnya. Temui wakil kepala atau pengawas administrasi pada unit-unit ini, orang-orang yang kamu ketahui dapat dijadikan sebagai sumber dan berpeluang untuk membuktikannya. Kamu biasanya, tentunya, membutuhkan pemeriksaan terhadap catatan rutin sehari-hari dan laporan anggota polisi kota dan keamanan kampus. Bisa jadi keakraban dengan polisi dan buku daftar penjara polisi daerah menjadi pegangan.

Kecelakaan
Temukan simpang jalan mana di masyarakat atau sekitar kampus yang mempunyai tingkat kecelakaan yang paling tinggi. Surat kabar tertarik untuk melaporkan simpang jalan yang paling berbahaya di area tersebut di tahun terakhir. Satu siswa memilih pusat kota besar philadelphia. Dia mengenali simpang jalan yang paling banyak kecelakaannya melalui penyelidikan polisi, kemudian arsip laporan kecelakaan dipelajari dan berbincang-bincang dengan penjaga toko dan penjual informasi di area tersebut dalam rangka reka ulang beberapa kecelakaan. Siswa lain menerbitkan cerita di simpang yang paling banyak kecelakannya di sub-urban Jenkintown. Yang lainnya memilih kawasan Philadelphia Selatan dan menyiapkan artikel ‘simpang paling berbahaya’ untuk “Meretas Kembali Sejarah Philadelphia Selatan”.

Penjaga Keamanan
Rentetan kejadian dalam periode 24 jam bisa didapat dari para siswa yang mengikuti petugas keamanan pada saat itu (sebagai contoh, empat siswa yang masing-masing mendapatkan enam jam) atau sederhananya menyuruh seorang siswa menemani pegawai keamanan reguler ketika berpatroli dan mengerjakan berbagai tugas-tugasnya. Kamu dapat juga menguji sebagian dari kebijakan keamanan.
Sebagai contoh, beberapa sekolah yang mempunyai staf pengawal keamanan para siswa, terutama sekali para siswa wanita, yang harus bekerja atau sebaliknya berkeliling di kampus pada akhir malam. Beberapa orang di News Temple University yang harus bekerja hingga tengah malam, melaporkan bagaimana mereka menemukan pengaturan pengawal adalah tidak bekerja/aktif.
Kadang-kadang kebijakan yang keras bisa menjadi suatu masalah. Pada satu universitas telah terjadi penyerangan terhadap seorang wanita muda. Petugas keamanan saat itu dekat dan mendengar serangan tetapi dilarang oleh kebijakan dari garis pasal-pasal yurisdiksi mereka (yang bersebrangan terhadap sesuatu yang tak terlihat pada pasal tersebut) untuk menghentikan serangan itu.

Bagaimana Mengunakan Tabel Keuangan Bersama di Surat Kabar
Dalam keamanan pasar yang mudah berubah hari ini, tetaplah bijaksana dan pintar dalam berinvestasi – informasi dan pengetahuan investor adalah kunci keberhasilannya. Salah satu cara paling mudah untuk menjaga keuangan bersama anda adalah dengan menggunakan tabel yang ada di koran-koran lokal.
Tabel itu mungkin terlihat seperti “sup alphabet” bagi Anda. Artikel ini menolong Anda menguraikan catatan kaki dan singkatan dari keuangan bersama Anda, dan memberikan sedikit tips dalam menggunakan tabel keuangan sebagai alat untuk berinvestasi.

Surat Pengejaran Internasional
Aplikasi visa untuk warga asing terkadang menimbulkan masalah yang lebih besar, kata Hopkins. Sebagai tambahan, sebagai bentuk pertanggungjawaban untuk memulangkan dan mengumpulkan bentul yang pantas, pengguna jasa travel harus melengkapinya sendiri. Hopkins juga mesti memasukkan dokumen untuk memperpanjang izin tinggal, kontrak perusahaan di area pengeboran dan garansi dukungan keuangan.
Hopkins menggunakan sistem Sabre-nya “kebanyakan untuk informasi,” katanya yang termasuk kurs mata uang asing. Ticketing dibagi menjadi 2 agensi. Tiket staff pengguna jasa travel di Travel Consultant Inc.; dan tiket kru pengeboran di Bon Voyage Travel Service.

Pengumpulan Informasi Latar Belakang masalah Lingkungan
Kembangkan satu kumpulan pakar teknik yang bisa dihubungi. Mungkin termasuk di dalamnya para spesialis di agensi-agensi lingkungan hidup (dapatkan direktori telepon EPA Washington dan kantor-kantor daerahnya, serta badan-badan lingkungan negara bagian); para ilmuwan di universitas setempat; dan departemen kesehatan negara bagian dan daerah.
Dapatkan buku-buku referensi lingkungan hidup. Ini akan berguna ketika, misalkan kereta anda tergelincir pada jam empat Minggu pagi dan anda tidak bisa menemui pakar mana pun. Buku utama di bidang zat-zat beracun di antaranya adalah Dangerous Properties of Industrial Materials, karya N. Irving Sax, Van Nostrand Reinhold Co. Buku merupakan buku wajib yang harus ada di setiap perpustakaan koran; buku ini memperinci racun dalam ribuan zat dan memuat bab-bab yang bagus mengenai radiasi, keracunan yang akut dan kronis. Buku yang berguna lainnya adalah The Condensed Chemical Dictionary, karya Gessner G. Hawley, Van Nostrand Reinhold, Co.; Encyclopedia of Occupational Health and Safety, oleh Luigi Parmeggiani; Cancer Causing Agents: A Preventive Guide, oleh Rulth Winter, Crown Publisher; Living in the Environment, oleh Tyler Miller, Wadsworth Publishing; Introduction to Environmental Health, oleh Daniel S. Blumenthal, Springer Publishing Co.; The Dose Makes the Poison; A Plain Language Guide to Toxiology, oleh Alice Ottoboni, Vincente Books
Mencari Ide untuk Cerita Lingkungan
Cerita terbaik biasanya datang dari petugas lapangan eselon rendah. Mereka biasanya tahu perusahaan atau pemukiman mana yang paling banyak mencemari lingkungan. Ikuti setiap saran yang datang dari telepon. Begitu anda sudah menerbitkan cerita-cerita yang menunjukkan bahwa anda sedang menggali masalah-masalah lingkungan, biasanya banyak orang yang akan menelepon anda dan memberikan ide dan saran.
Pernyataan dampak lingkungan bisa menyediakan banyak informasi latar yang akan berguna ketika menulis cerita in-depth. Jangan lupa untuk memeriksa setiap surat yang diterbitkan sebagai respon terhadap pernyataan-pernyataan tersebut. Anda akan menemukan nama-nama dan alamat beberapa pelaku dalam setiap kontroversi lingkungan.

BAB 12 KEUANGAN
Neraca Anggaran
Ini adalah anggaran operasional dari University of Pennsylvania untuk tahun pembukuan yang berakhir 30 Juni 1987. Tahun pembukuan adalah periode 12 bulan dari laporan keuangan. Periode 1 Juli selama setahun hingga 30 Juni tahun berikutnya adalah salah satu tahun pembukuan yang biasa digunakan. Karena ini adalah anggaran belanja universitas, tahun pembukuannya dapat dianggap sebagai tahun ajaran 1986-87. Perlu diperhatikan hal-hal berikut :
1. catat bahwa neraca dibuat dalam ribuan dolar. Karena itu, ingat bahwa semua jumlah yang tercantum sebenarnya memiliki tiga angka nol di belakangnya. Total pengeluaran untuk pembukuan 1987, contohnya, adalah $824,473,000. Sederhanakan angka dengan membulatkan pada angka sepoluh terdekat dari satu juta., yaitu $824,5 juta.
2. penerimaan dan pengeluaran harus seimbang. Anggaran tahun 1987 menunjukkan penerimaan sebesar $907,2 juta dan pengeluaran sebesar $824,5 juta, jelas terdapat surplus sebesar $82,7 juta. Bagaimanapun, kategori “Perubahan Lain” list deductions untuk depresiasi, pemindahan dana, dan penyesuaian. Perbedaan tetat antara penerimaan dan pengeluaran is the $22,1 million net increase in fund balances. Jika ditambahkan pada pengeluaran, totalnya sama dengan penerimaan.

3. pengeluaran adalah bagian yang biasanya disebut anggaran. Anggaran dari University of Pennsylvania untuk 1986-87 adalah $824,5 juta, berarti universitas tersebut menggunakan uang sebanyak $824,5 juta.
4. cara terbaik untuk menjelaskan sebuah anggaran adalah dengan cara membandingkannya dengan anggaran tahun lalu. Mulai dengan jumlah total penerimaan dan pengeluaran kemudian periksa satu per satu anggotanya. Cari beberapa perubahan yang merupakan kunci. Hindari menyerang pembaca dengan angka yang terlalu banyak. Jika lebih banyak detail yang dibutuhkan, gunakan grafik atau daftar di akhir cerita.
5. gunakan persentase untuk menunjukkan peningkatan atau penurunan. Pertama, kurangi neraca tahun lalu dari neraca tahun ini. Lalu bagi sisanya dibagi dengan neraca tahun lalu. Contohnya: $824,5 juta (pengeluaran tahun 1987) dikurangi $772,5 juta (pengeluaran 1986) sama dengan $52 juta; $52 juta dibagi $772,5 juta sama dengan 0,067, atau 6,7 persen. Universitas tersebut mengeluarkan 6,7 persen lebih banyak pada tahun1986-1987 daripada tahun 1985-1986.
6. peningkatan atau penurunan secara individu dalam pengeluaran dan penerimaan dapat sangat mempengaruhi neraca keseluruhan. Pada pembukua thun 1987, pengeluaran untuk penelitian naik 3.4 persen namun biaya institusional umum melonjak sebesar 23.3 persen. Walaupun penerimaan keseluruhan meningkat 6.9 persen dalam pembukuan 1987, penerimaan dari sumber laun anjlok sebanyak 31.2 persen.
7. selain membandingkan tahun, bandingkan komponen2 internal dalam anggaran. Kolom di sebelah kanan pada anggaran tersebut menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan (praktek di University Hospotal dan klinik) menghasilkan 39.3 persen pada penerimaan universitas dan 38.3 persen pada pengeluaran. Bantuan dana dari pemerintah (biaya langsung dan tidak langsung)menyediakan 15.2 persen dari penerimaan universitas. Dana dari biaya perkuliahan terdapat sebanyak 23 persen dari penerimaan.
8. ketika neraca anggaran bercerita banyak, neraca tersebut tidak selalu menceritakan semuanya. Cari penjelasan pada perubahan dalam anggaran tersebut. Contohnya, penerimaan dari biaya perkuliahan naik sebesar 9.1 persen pada tahun 1987. Apakah ini berdasarkan kenaikan biaya kuliah, biaya pendaftaran yang lebih tinggi, kombinasi keduanya atau ada factor lain? Perlu ada penjelasan.

9. pada akhirnya, buatlah angka menjadi berarti bagi pembaca. Sebutkan untuk apa dana itu digunakan. Daripada mengatakan bahwa pengeluaran perpustakaan naik sebanyak 7.2 persen, katakana bahwa universitas menghabiskan hamper $1 juta lebih banyak bagi perpustakaan untuk membeli buku referensi lebih banyak, berlangganan lebih banyak jurnal dan menambah rak buku (jika ada rak buku).

BAB 13 DALAM JEJAK POLITIK
Profil Politik
Politik adalah manusia. Apa yang disebut orang-orang / individu politik adalah sesuatu yang baru, bahkan dalam hubungan atau koneksi pasif dari berbagai kepentingan. Orang-orang selain politisi pada dasarnya memiliki pengaruh yang kuat terhadap politisi. Tapi ini semua tidak menghilangkan peran dari politisi-politisi tersebut. Orang-orang diluar politisi tersebut tidak berkewajiban mempengaruhi sejauh adanya kebutuhan dan perhatian media.

Satu Sisi Profil Politik
Barangkali anda memiliki sebuah tulisan dari pengajar atau profesor yang menyarankan agar anda lebih fokus pada satu artikel. Daripada mencoba untuk menguasai seluruh subjek, lebih baik memfokuskan diri pada satu bagian saja. Sebagai contoh, memusatkan perhatian pada satu sisi dari kehidupan manusia.
Kampanye politik terkadang mengalami hambatan hanya pada satu atau dua hal saja, yang tidak lain terkadang sekaligus juga merupakan kritik.

Konflik Kepentingan
Konflik kepentingan mungkin merupakan masalah kedua yang telah lama terjadi. Berbagai kejadian terkadang melibatkan pejabat publik dalam suatu tindakan yang tidak etis dan/atau tidak legal untuk memperoleh keuntungan dengan bantuan perencanaan dari koneksi-koneksinya. The New York Times membuat daftar semua pejabat yang selalu terjebak dalam konflik kepentingan.

BAB 15 DALAM AGAMA

Agama. Seperti pendidikan, yang sering diabaikan adalah subjek untuk laporan mendalam wartawan, namun hampir 65% dari penduduk secara aktif terlibat dalam agama. Subjek’s segi pribadi dan lembaga menawarkan subur untuk di-kedalaman pelaporan.
Empat Pulitzers dalam beberapa tahun terakhir telah untuk memeriksa kebijakan, keuangan dan praktik agama atau pemimpin kelompok. (Sebenarnya beberapa Pulitzer telah diberikan untuk topik-agama misalnya, n wawancara dengan Pope Pius XI oleh Anne McCormick dari New York Times pada 1935)

Sumber Manusia
Dalam pelaporan mendalam tentang keagamaan, sumber manusia sangatlah penting. Contohnya, beberapa orang yang bersedia diwawancarai mengnai khidupan agama mereka, seperti pastor yang mantan tentara, pastor yang beristri, rabbi yang idak percaya lagi ada Tuhan, dsb.
Reporter dapat menggunakan orang-orang terdekat atau bahkan orang yang bersangkutan untuk mengkonfirmasi. Cara untuk mengembngkan sumber-sumber tersebut adalah dengan menggunakan cara-cara tradisional seperti kejujuran, akurasi, dan keramahan
Pembaca akan sangat menghargai profesionalisme Anda. Tentu Anda akan kehilangan beberapa bahan ketika Anda menempatkan seseorang atau kelompoknya pad pemberitaan yang negatif. Tapi jika Anda adil, akurat, dan menggunakan penilaian yang benar, maka mereka sebagai orang yang diberitakan dalam artikel akan dengan senang hai berbicara dengan Anda setelah beberapa minggu.

Menyembuhkan dengan Kekuatan Iman
Masalah ini merupakan slah satu favorit para editor dan reporter. Karena mereka dapat memberitakan ”kebohongan” yang sebenarnya terjadi. Bahwa para penyembuh tersebut tidaklah mempunyai mukjizat.hal tersebut terjadi karena kebetulan semata.

Pemujaan
Yang dikatakan pemujaan – kelompok atau organisasi agama baru – adalah fenomena yang sangat ingin diketahui pembaca. Dalam beberapa atau lebih kelompok yang dibatasi, seperti Children of God (COG), para wartawan harus bekerja secara gerilya untuk melihat seperti apa kehidupan sebenarnya orang-orang yang tergabung dalam komunitas itu. Cerita-cerita tentang anggota terdahulu dari COG, the “Moonies” (Gereja Penggabungan – Unification Church) dan yang lainnya telah dinyatakan.

BAB 16 HUBUNGAN MANUSIA DAN GAYA HIDUP
Gaya hidup selalu mampu menangkap ketertarikan seseorang. Baru-baru ini, homoseksual, contohnya, menerima perhatian dari semua aspek. Konvensi gereja mendebatkan bagaimana mentahbiskan permintaan homoseksual untuk menjadi seorang pendeta; penelitian medis mendebatkan dan memaparkan data tingginya tingkat keterjangkitan AIDS pada komunitas homoseksual.
Sekalipun mereka mungkin melakukan hal yang positif, atau setidaknya netral, cerita orang-orang dengan gaya hidup yang berbeda, seperti homoseksual. Robert Sansevere, dalam Star Tribune Minneapolis, menulis tentang munculnya kelompok persaudaraan gay, dan usaha dari pelajar Universitas Minnesota John Sugimura. Sansevere memulai artikelnya.

Membuat Keputusan yang Benar
Praktek dari kewartawanan akan menjadi hal yang gampang jika ada sesuatu seperti ”Sepuluh Perintah Tuhan”: “Engkau tidak boleh melakukan ini”; “Engkau boleh melakukan hal ini.” Tetapi yang benar dan tidak benar dari perilaku jurnalistik tidak semerta-merta dapat diturunkan dalam suatu rangkaian perintah-perintah. Proses melaporkan dan mengedit dipengaruhi oleh banyak tradisi dan kebiasaan—misalnya oleh bentuk idealisme yang mulia dan kompetisi. Jurnalisme melayani campuran beragam jenis orang, dan itu bukanlah alasan untuk mengasumsikan bahwa mereka semua diterangi oleh kepentingan tertentu yang sangat mendesak.

Satu kesukaran adalah “rahasia” dari tugas investigative pada beberapa tingkatan-tingkatan. Kadang-kadang wartawan investigatif berhubungan dengan rahasia atau material terlarang dan harus mendapatkan informasi secara kreatif, tapi cara yang bertanggung jawab adalah wartawan investigatif tidak hidup hanya dari selebaran-selebaran. Wartawan harus menyingkirkan material—rahasia—dari pesaing-pesaing dan tangan-tangan yang berkepentingan.

Pendekatan Daftar Nama
Hausman menyarankan agar wartawan memutuskan apakah untuk meliput dan menggunakan suatu kisah perlu menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini; Apakah berita? Apakah itu benar? Apakah itu adil? Apakah itu logis? Apakah itu disimpangkan? Apakah saya memfitnah atau mengganggu keleluasaan pribadi? Pernahkah kisah itu secara etis diteliti dan diperkenalkan? apakah itu seharga dengan konsekuensi-konsekuensinya?
Seperti komputer, pikiran itu harus disortir melalui pertanyaan-pertanyaan ini dan banyak sub-sub pertanyaan lainnya. Contohnya, ada banyak definisi tentang berita, dan harus dipilih berita terbaik untuk hari itu. Pikiran itu melakukan perhitungan tersebut dengan cepat; itu dapat saja datang dalam satu sinyal. Tapi dapatkah semua situasi dari ide-ide dalam daftar menjamin bahwa keputusan yang dibuat reporter tidak akan menghadapi kondisi yang berat dan menyebabkan penyesalan yang disebabkan oleh pola pilihan yang salah?


Responses

  1. Dear blogger,
    Your writing does help me lot with my paper project about in-depth and investigative reporting. Thanks.

    Best Regards.

    • thanks for appreciate… if you have latest information bout same topics, please share to me… nice to know U


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: