Posted by: bachtiar hakim | May 31, 2009

Barangkali Buku-Buku Ini Anda Pinjam


Barangkali Buku-Buku Ini Anda Pinjam

Bagaimana rasanya kalau kita punya sebuah pertanyaan yang mengiang di dalam otak? Tentu, kita akan segera mencari jawabannya. Dan Eureka… Lega rasanya, begitu memori kita  terhubung dengan halaman tertentu pada buku yang pernah kita baca sebelumnya.  Begitu mengetahui jawaban rincinya terdapat pada sebuah buku yang saya miliki, maka tenaga dan pikiran saya tidak perlu bekerja dari NOL.  Saya pun akan pulang membawa pulang pertanyaan ini ke kostan.

Namun, apa jadinya ketika tiba-tiba buku yang kita cari tersebut tidak kita temukan.  Tentu, bila tidak ada kegiatan yang lebih mendesak, saya  segera mencarinya di kostan. Membongkar plastik dan dus-dus, mencari di sela-sela tumpukan kertas, merangsek ke kolong-kolong meja. Alternatif terakhir tentunya membuka buku catatan keluar-masuk buku.

Beruntung sekali kalau diketemukan sebelum melihat catatan tersebut. Berarti harus diakui bahwa saya pelupa dan ceroboh (saya memang pelupa). Kalau tidak ada dalam daftar, saya akan merenung sebentar sembari mengingat-ingat lagi bagaimana ihwal pergerakan buku itu dari  tangan ke tangan. Masalah buku yang hilang ini memang sudah saya alami sejak lama.  Menjadi stress ketika buku itu sedang kita butuhkan dan tambah  stress saja bila buku yang hilang tersebut ternyata hasil meminjam dari teman. Saya harus bilang apa ke si empunya  buku itu?

Teman-teman, sungguh dongkol sekali perasaan saya saat ini. Mungkin lebih baik diledakkan saat ini. Kejadian ini sudah bterjadi beriulangkali. Saya lagi butuh-butuhnya tetapi benar-benar tidak tahu di mana buku itu berada.  Apalah jadinya, cara memublikasikan kejengkelan ini pun ditempuh. Mungkin lewat blog dan facebook, siapa tahu ada yang teringat kembali bahwa pernah meminjam buku saya. Saya pun akan dengan senang hati menerima pengembalian buku itu dari kawan-kawan.

Tolonglah dipahami kegalauan saya ini.  Asal tahu saja, kawan. Tiap bulan saya menyisihkan uang makan untuk membeli minimal tiga  buku. Buku di daftar ini memang sebagian kecil saja dari koleksi saya, tetapi sangatlah berarti. Sebagai catatan, buku yang saya beli itu benar-benar tidak asal beli melainkan sesuai kebutuhan belajar saya saat itu.

Saya ingin memetakan dan mendokumetasikan perkembangan minat saya selama kuliah lewat buku yang saya beli (buku jadi semacam obituari). Lebih jauh, saya ingin menambah koleksi perpustakaan pribadi ayah saya yang ingin beliau jadikan rumah buku.

Mudah saja mengembalikan buku-buku tersebut. Semudah anda menyanyikan refrain  lagu “Buku Ini Saya Pinjam”-nya Iwan Fals. Tinggal SMS ke 0856 24111142 saja dengan bilang “buku xxxxxx  ini saya pinjam” J

Mohon bantu saya, kawan ….  Terima kasih.

Daftar Buku Keluar (Tidak Jelas Siapa Peminjamnya) :

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia – J.S. Badudu
  2. Dekonstruksi Spiritual – Jacques Derrida
  3. Jakarta Undercover – Moammar Emka
  4. Tanda-tanda Kebudayaan Kontemporer – Arthur Asa Berger
  5. Komunikasi Antar Budaya – Prof. Deddy Mulyana
  6. Komunikasi Jenaka – Prof. Deddy Mulyana
  7. Peradaban Komunikasi Politik – Novel Ali
  8. Dari Penjara Ke Penjara – Tan Malaka
  9. Jurnalistik Televisi – …………….. (saya lupa penulisnya)
  10. Pengantar Ekonomika – Ace Partadiredja
  11. Mikro Ekonomi – Sadono Soekirno
  12. PK Ojong – Biografi  –  …………… (saya lupa penulisnya)
  13. Kamus Bhs. Indonesia – Inggris – John M. Echols & Hassan S.
  14. Pengantar Sosiologi – Sarjono Soekamto
  15. Pancasila – Identitas & Modernitas – Eka Darmaputra
  16. Dinamika Komunikasi – Prof. Onong Uchjana Effendy
  17. Literary Theory – ………….. (saya lupa penulisnya)
  18. Jalan Tengah Memahami Iklan -…………  (saya lupa penulisnya)
  19. Copywriting – …………… (saya lupa penulisnya)
  20. Media Rakyat – Tim penulis Combine
  21. Psikologi Komunikasi – Jalaluddin Rahmat
  22. 7 Habbits To Be an Effective People – Steven R. Covey
  23. Rich Dad Poor Dad – Robert T. Kiyosaki
  24. Cashflow Quadrant – Robert T. Kiyosaki
  25. Intrik – Kafi Kurnia
  26. Religion of Java – Clifford Geertz
  27. Psikologi Agama – Jalaluddin Rahmat
  28. Ramadan di Jawa – Andre Moller
  29. Teori Seks – Sigmund Freud
  30. Perkembangan Pribadi dan Mental – ………. (saya lupa penulisnya)
  31. Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 – ………  (saya lupa penulisnya)
  32. It`s Easy to Bluff : Jazz Guitar – Joe Bennet
  33. Trik Komputer – Tim penulis CHIP

Keterangan :

Kata yang dicetak merah berarti sangat dibutuhkan oleh saya saat ini sebagai handbook.  Maaf, saya mau beli lagi tapi lagi belum punya anggaran dalam ratusan ribu rupiah.


Leave a Reply

Categories

